Manajemen Kerja Majalah


EDITORIAL WORK MANAGEMENT
(Manajemen Kerja Redaksi)


Salam jurnalistik!
Kepada seluruh crew White Campus periode 2011/2012, program kerja inti pembuatan majalah White Campus sudah mulai dilaksanakan. Dalam pengumuman ini, akan dijelaskan mengenai konsep, teknis pengerjaan, deadline berikut pembagian tugas untuk pembuatan majalah.
a.     Konsep
Tema
Tema majalah White Campus tahun ini adalah “Actions for The Changes”. Tema ini menggambarkan tentang perubahan-perubahan yang dimulai dari sebuah langkah menuju pembaharuan yang diharapkan ada dalam lingkungan kampus. Supaya cakupan tema ini tidak terlalu meluas, maka perubahan yang dimaksud di sini merupakan perubahan yang dibawa mahasiswa Poltekkes pada umunya untuk membawa Poltekkes ke arah yang lebih gemilang, seperti meningkatkan prestasi baik akademik maupun non-akademik

 
Rubrikasi
Rubrikasi majalah White Campus edisi kali ini terdiri dari 3 rubrik utama:
1.       Laporan Utama
Rubrik Laporan utama ini berisi tentang beberapa topik utama terkait dengan dunia kesehatan yang tak lepas dari tema , yaitu bisa berupa:
a.      Hot Issue
Sub Rubrik ini bertujuan memberikan informasi berisi  tentang trend issue kesehatan yang sedang santer beredar di luar kampus, namun masih terkait jurusan yang ada di poltekkes semarang. Sehingga mahasiswa tahu bagaimana perkembangan dunia kerja yang akan dihadapi sebagai tenaga kesehatan.
b.      Profil
Di sini kita mengangkat tokoh yang mencetuskan perubahan dalam dunia kesehatan. Sehingga diharapkan bisa menjadikan inspirasi bagi pembaca untuk mengikuti jejak mereka.

2.       Campus Zone
Rubrik Campus zone ini di khususkan untuk kabar di sekitar kampus Poltekkes Kemenkes Semarang secara umum, adapun isinya berupa:
a.       Kabar kampus
Dalam sub rubrik ini kita memberikan informasi tentang apa sajakah pembaharuan yang ada di kampus Poltekkes kemenkes Semarang, sehingga mahasiswa sendiri tak ketinggalan informasi mengenai kampusnya.
b.      Tanya jawab
Sub rubrik ini merupakan wujud dari motto White Campus (wadah aspirasi pemersatu persepsi), kita di sini berusaha menjawab pertanyaan mahasiswa terkait kampus yang masuk ke redaksi White Campus. Adapun misalnya bukan wewenang kita untuk menjawabnya, maka kita akan menjembataninya untuk dijawab oleh yang berwenang.
c.       Galleri
Sub rubrik ini dikhususkan untuk memuat content foto kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kampus kita.

3.      Edufuntaiment
Rubrik ini berisi tentang artikel yang bersifat ringan tapi sarat akan informasi bermanfaat, yaitu dapat berupa:
a.       Freeport
Artikel lepas yang ringan namun sarat informasi, yang masih terkait tema.
b.      Tips n trik
Di sub rubrik ini memberikan informasi ringan seputar tips dan trik yang tak banyak diketahui khalayak ramai namun sangat bermanfaat jika dilakukan.
c.       IPTEK
Seputar teknologi yang terbaru dalam dunia kesehatan akan dimasukkan dalam rubrik ini.
d.      Resensi
Sub rubrik ini berisikan berbagai informasi tentang resensi dari sebuah buku, film, makanan, tempat dan sebagainya.
e.       Unik
Kita mencari fenomena-fenomena yang unik di sekitar kita yang banyak orang tidak menyadainya, bisa tentang kesehatan atau di luar kesehatan.                                                                                                                                                                                                                               
f.       Comic
Berisikan komik yang tidak lepas dari tema

b.    Teknis Kerja
Reporter
Semua reporter wajib minimal membuat satu artikel sesuai dengan tugas masing-masing yang telah ditetapkan. Apabila ingin mengisi artikel pada rubrik yang lain, silahkan menghubungi dan berkoordinasi secara internal dengan editor yang bertanggung jawab pada rubrik terkait. Setiap reporter memiliki tugas utama sebagai berikut:
1.       Bertanggung jawab penuh akan terselesainya konten rubrik yang menjadi tugasnya sesuai deadline.
2.       Berkoordinasi dengan tim lain terkait kelengkapan karyanya, misalnya dengan fotografer atau kartunis untuk ilustrasi dari sebuah artikel.

Editor
Kinerja PJ Rubrikasi akan dimonitor dan diawasi langsung oleh Editor. Editor bertanggung jawab penuh dalam:
1.       Penanggungjawab Rubrikasi
2.       Filter karya (editing) sebelum deadline
3.      Kelengkapan konten majalah
Sumber Karya
Karya yang wajib dikirimkan berasal dari seluruh crew White Campus, terutama setiap anggota Dewan Keredaksian harus mengirimkan karyanya, sementara untuk Dewan lain wajib mengirimkan minimal 2 karya. Anggota yang sudah ditunjuk untuk PJ sebuah artikel, hal tersebut berarti anggota yang telah ditunjuk wajib menyerahkan karya sesuai yang ditugaskan. TETAPI anggota lain yang juga ingin mengirimkan karya (tanpa ditunjuk) harus menghubungi Editor untuk mengirimkan karyanya tersebut. Sumber karya yang dikirimkan berasal dari:
1.       Seluruh crew White Campus
2.       Seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Semarang
Editing
Setelah semua karya disaring oleh Editor, kemudia karya-karya tersebut diserahkan kepada Layouter untuk mulai disusun majalah. Dalam proses editing, Editor diawasi oleh Pimpinan Redaksi dan Editor berhak meminta pertimbangan atau bantuan dari anggota yang lain.
Layouter
Layouter melakukan penyusunan majalah sesuai durasi yang telah ditetapkan dan diawasi langsung oleh Editor. Layouter berhak meminta pertimbangan atau bantuan dari anggota yang lain. Pembagian tugas penyusunan tiap halaman diserahkan kepada tim layouter secara internal.
Laporan akhir & Pencetakan
Pimpinan redaksi akan melaporkan hasil majalah final kepada Pimpinan Umum. Pimpinan Umum mengawasi pelaksanaan penyusunan majalah dari awal hingga akhir dan menerima laporan pertanggungjawaban dari Pimpinan Redaksi. Pimpinan Umum dan Pimpinan Redaksi melakukan konsultasi kepada Dewan Pembimbing tentang konten selama proses penyusunan majalah dan bersama Pimpinan Produksi dan Distribusi mengenai teknis distribusi maupun finansial di akhir penyusunan.
Pimpinan redaksi menyerahkan soft majalah kepada Pimpinan Produksi untuk dicetak. Pimpinan Produksi bersama distributor bertanggung jawab untuk oplah dan bersama Pimpinan Redaksi mengenai spesifikasi majalah.

c.     Deadline & Durasi Kerja
Berikut ini adalah agenda tenggat pembuatan majalah:
Hari/Tanggal
Agenda
Pihak Terkait
Sabtu, 11/8/2012
Fix pembagian tugas rubrikasi kepada seluruh Crew White Campus
Pimred dan Humas
Minggu, 12/8/2012
s/d
Jumat, 31/8/2012
Pembuatan dan penerimaan karya untuk konten majalah
Seluruh crew White Campus, Editor dan Pimred
Sabtu, 1/9/2012
s/d
Selasa, 4/9/2012
Editing karya
Editor diawasi Pimred
Selasa, 4/9/2012
Penyerahan materi kepada layouter (sudah diplot ke dalam folder secara rapi)
Editor
Rabu, 5/9/2012
s/d
Sabtu, 22/9/2012
Penyusunan majalah
Layouter
Minggu, 23/9/2012
Meeting Final: laporan akhir dan penyerahan soft majalah kepada Dewan Produksi Distribusi
Seluruh crew White Campus
Senin, 24/9/2012
s/d
Minggu, 30/7/2012
Proses pencetakan
Pimpinan Produksi
Senin, 1 Oktober 2012
Distribusi
Distributor

d.      Pembagian Tugas
Penanggung Jawab
Berikut adalah daftar nama penanggung jawab rubrikasi:
1.       Rubrik Laporan Utama                    :               Anantiya R. F.
2.       Rubrik Kampus Zone                        :               Astuti Dwi W.
3.      Rubrik Edufuntainment                  :               Siska Widyaningrum
Masing-masing PJ berhak meminta pertimbangan dan bantuan dari anggota lain. PJ akan membagikan tugas wajib ke seluruh dewan keredaksian dan tugas tertentu untuk dewan lain. Maksimal tanggal 11 Agustus 2012 pembagian tugas harus sudah fix dan merata.
Fotografer
Fotografer bertanggung jawab penuh untuk kualitas dan kuantitas foto yang ada di dalam majalah. PJ wajib menunjuk fotografer yang disertakan pada anggota yang ditugaskan pada suatu rubrik. Untuk wilayah luar Semarang, fotografer bekerja sama dengan Humas untuk berkoordinasi dengan Reporter Prodi perihal foto-foto yang dibutuhkan. Fotografer juga harus menyiapkan foto untuk sampul, ilustrasi dan kumpulan foto kegiatan pada sub rubrik galleries. Kerja sama dengan Litbang dan Humas untuk berkoordinasi dengan UKM atau badan organisasi lain untuk meminta foto-foto tersebut. Wajib dicantumkan sumber foto beserta sedikit ulasan fotonya.
Desain Karikatur
Desain karikatur wajib membuat karya-karya yang mengilustrasi artikel. Kerja sama dengan anggota yang ditugaskan oleh PJ pada suatu rubrik supaya ilustrasi cocok. Desain karikatur juga membuat rubrik komik yang isinya tidak terlepas dari tema. Kapasitas halaman untuk komik adalah 1 halaman.
Layouter
Layouter menyusun desain dan tata letak majalah. Koordinasikan secara internal mengenai pembagian tugas. Tim layouter akan dipantau langsung oleh Editor dan pimpinan redaksi. Layouter berhak meminta pertimbangan dan bantuan dari anggota lain. Layouter bertanggung jawab penuh atas kualitas desain, citra dan tata letak majalah.

Demikian pengumuman mengenai EWM (Editorial Work Management) untuk pembuatan majalah edisi tahun ini. Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan atau kurang jelas dapat langsung ditanyakan kepada Pimpinan Redaksi. Terimakasih dan mari bekerja sama!


Semarang, 10 Agustus 2012
Head of Editorial White Campus
Hayyud Dinal Haqi
CP – 085741660010 | yudha_desaolinz@rocketmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.